Catatan Ghazali. MA Imam Adil Berbagi

Siswa Kelas 12 Jurusan IPS MA Imam Adil

Pada hari sabtu, 23 januari 2021, saya, teman-teman, guru-guru dan Kepala Madrasah Imam Adil Raja Ampat melakukan kegiatan Tour Safari Kerohanian dan Rihlah Ilmiah di dua tempat yang berbeda, yaitu pertama Tour Safari Kerohanian bertempat di Panti Asuhan Cahaya Islam Al-Qodiri Raja Ampat. Tempat kedua di Pantai Saleo Raja Ampat. 

Pada kegiatan Tour Safari Kerohanian kami berbagi sembako kepada adik-adik panti asuhan cahaya islam al-qodiri. Adapun sembako yang kami berikan yaitu beras, minyak, telur, gula, mie, susu, daun teh dan sirup. Yang merupakan hasil sumbangan saya, teman, guru dan kepala madrasah serta masyarakat.

Kegiatan kami di panti asuhan cahaya islam al-qodiri berlangsung selama 2 jam, 09.00-11.00 WIT. Kegiatan yang kami lakukan selama 2 jam ini antara lain sambutan oleh Madrasah Aliyah (MA) Imam Adil yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Bapak M. Yusuf Makasar, S. Pd. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh pihak Panti Asuhan Cahaya Islam Al-Qodiri yang diwakilkann oleh Ibu Nur Salamah, S. Pd. I.

Setelah sambutan kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan satu sama lain antara pihak MA Imam Adil dan pihak Panti Asuhan Cahaya Islam Al-Qodiri. Kegiatan selanjutnya yaitu sharing  motivasi antara pihak MA Imam Adil dan Pihak Panti Asuhan sebagai motivasi kepada kami murid-murid MA Imam Adil dan Adik-Adik Panti Asuhan Cahaya Islam Al-Qodiri.

Di akhir kegiatan Safari Kerohanian kami, kami tutup dengan foto bersama dan pembagian sembako dari MA Imam Adil kepada pihak panti dan adik-adik panti asuhan cahaya Islam Al-Qodiri.

Setelah kegiatan kami selesai di panti asuhan cahaya islam al-qodiri saya, teman-teman, para guru dan kepala madrasah melanjutkan perjalan kami ke pantai saleo melanjutkan agenda kedua kami yaitu rihlah.

Kami sampai ditempat kedua kami sekitar 11.30 WIT. Ketika sampai saya, teman-teman, para guru dan kepala madrasah langsung menyiapkan tempat untuk kegiatan kedua kami di pantai saleo. Adapun kegiatan kami di pantai saleo yaitu tadabbur alam. Kegiatan untuk melihat, merasakan, merenungkan dan memuji keindahan dan kenikmatan Allah yang ada di alam khususnya di pantai saleo, raja ampat.

Setelah selesai tadabbur alam saya dan teman-teman, para guru dan kepala madrasah menyiapkan peralatan untuk bakar-bakar dan makan-makan. Kami berbagi tugas untuk hal ini. anak laki laki dibagi 2 kelompok. Ada yang bakar ikan dan menyiapkan minuman berupa es kelapa susu + sirup, saya masuk pada kelompok ini. Adapun anak perempuan hanya 1 kelompomk karena jumlahnya sedikit. Mereka ditugaskan menyiapkan nasi dan sayur.

Setelah semua siap, ikan bakar dan es kelapa susu + sirup nya sudah jadi kami langsung berkumpul dan makan bersama-sama. Selesai makan bersama dikarenakan teman-teman tidak ada yang mau mandi pantai mungkin karena sudah siang, selesai makan kami beres-beres persiapan balik ke sekolah dan rumah kami masing-masing. Sebelum itu tentu kami foto bersama sebagai dokumentasi dan kenang-kenangan kami selama rihlah di pantai saleo, raja ampat. Kami balik dari rihlah ini ke sekolah dan rumah kami masing-masing kurang lebih pukul 14.30 WIT.

Penulis: M. Ghazali Iskandar Alam

Editor: Akhmad Irfan, S. Pd