MA Imam Adil Berbagi

Sabtu, 23 Januari 2021. Dalam rangka meraih keberkahan selama  proses kegiatan belajar mengajar (KBM) pada semester genap tahun ajaran 2021-2021. Madrasah Aliyah (MA) Imam Adil Raja Ampat mengadakan kegiatan MA Imam Adil Berbagi dengan Tema “Meraih Keberkahan dalam Indahnya Berbagi”. yang bertempat di Panti Asuhan Cahaya Al-Qodiri, Perumahan 200, Raja Ampat.

MA Imam Adil berbagi ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial dikalangan siswa/i MA Imam Adil terutama selama masa pandemi Covid-19 dan musibah yang melanda NKRI.  Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi MA Imam Adil dengan adik-adik Panti Asuhan Cahaya Al-Qodiri Raja Ampat. 

Sebagai salah satu implementasi Hadist Nabi Muhammad saw., “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini. Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.” (Hadits riwayat Imam Bukhar). Juga Hadist Nabi Muhammad yang berbunyi, “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan lepra” (HR. Imam Thabrani).

Adapun bantuan yang diberikan MA Imam Adil kepada Panti Asuhan Cahaya Al-Qodiri yaitu sembako berupa beras, mie, telur, susu, minyak goreng, gula, sirup, daun teh juga  uang tunai dan pakaian layak pakai.

Sebagaimana dalam sambutannya Pak Yusuf Makasar, Kepala MA Imam Adil mengatakan kegiatan MA berbagai selain untuk menumbuhkan jiwa kepedulian sosial siswa/i MA Imam Adil juga sebagai ajang silaturahmi MA Imam Adil dengan pengurus dan adik-adik Panti Asuhan Cahaya Al-Qodiri. Pak Yusuf juga berharap smoga silaturahmi yg dilakukan MA Imam Adil bisa menjadi motivasi dan penyemangat bagi adik-adik panti untuk tetap semangat menuntut ilmu dalam menggapai cita-cita mereka.

Bu Nur Salamah sebagai pengurus panti asuhan juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan smoga menjadi amal ibadah bagi keluarga besar MA Imam Adil  dan semoga silaturahmi ini bisa berkesinambungan dan menjadi wasilah dalam meraih ridho Allah swt. dan menjadi wasilah agar terhindar dali bala’ (bencana).

Setelah sambutan yang disampaikan oleh Kepala MA Imam Adil dan pengurus panti asuhan. Kegiatan MA Imam Adil Berbagi dilanjutkan dengan perkenalan dan sharing motivasi antara MA Imam Adil dengan pengurus dan adik-adik Panti Asuhan Cahaya Al-Qodiri.

Ada kebahagiaan dan kesan tersendiri yang dirasakan oleh siswa/i MA Imam Adil selama mengikuti kegiatan MA Imam Adil Berbagi. Hal ini disampaikan oleh Sarjito, siswa kelas 11 MA Imam Adil, ada kebahagiaan tersendiri untuk saya ketika melihat adik-adik panti yang antusias dan senang dengan kedatangan kami.

Bagas Prastiyo, siswa kelas 12 MA Imam Adil juga mengatakan, “berbagi dan peduli sesama itu indah. Dengan berbagi tidak akan menjadikan kita miskin tetapi membuat kita menjadi kaya. Kaya akan kepedulian, pengetahuan dan pemahaman”.

Kegiatan MA Imam Adil Berbagi ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian bantuan oleh Kepala Madrasah MA Imam Adil, Dewan Guru dan siswa/i kepada pengurus dan adik-adik anti Asuhan Cahaya Al-Qodiri.

Penulis: Akhmad Irfan, S. Pd